Subscribe:

Thursday, December 6, 2012

Beberapa asas penting Pengajian al-Qur'an

Pengertian AL-QUR’AN

Para ulama’ telah berselisih pendapat berhubung dengan kata terbitan Al-Qur’an. Setengah daripada mereka berkata ia terbit daripada perkataan qira’ah. Sementara yang lain pula tidak berpendapat sedemikian.

Imam al-Syafie berpendapat bahawa Qur’an ditulis dan dibaca tanpa hamzah iaitu Quran قرآن bukannya Qur’an قرأن . Ia dalah nama khusus yang dipakai untuk kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w. dan tidak diambil daripada mana-mana perkataan lain.

Al-Fara’ seorang ahli bahasa Arab mengatakan bahawa lafaz al-Qur’an tidak memiliki huruf hamzah dan diambil dari kata Qara’in iaitu jamak dari perkataan Qarinah yang bererti keterangan. Ini disebabkan sebahagian dari ayat al-Qur’an itu serupa antara satu sama lain, seolah-olah sebahagian ayatnya merupakan keterangan dari apa yang dimaksudkan oleh ayat yang lain.

Al-Lihyani juga seorang ahli bahasa Arab berpendapat perkataan al-Qur’an itu berhamzah. Ia dibaca dengan bentuk nama terbitan yang diambil dari qara’a yang bererti membaca. Hanya lafaz ini sahaja menurut beliau adalah nama terbitan yang memberi makna’kena buat’. Oleh itu menurut beliau al-Qur’an ertinya maqru’ iaitu yang dibaca.

Kalau ingin disorot dengan lebih jauh, kita akan temui banyak lagi pendapat para ulama’ tentang asal perkataan ini. Namun perselisihan mereka boleh dikatakan berpenghujung dengan menyebut al-Qur’an dengan berhamzah atau al-Quran tanpa hamzah.

Menurut Dr. Solah al-Khalidi, pendapat paling terkenal daripada keseluruhan pendapat para ulama’ itu, pendapat yang mengatakan al-Qur’an datangnya dari pecahan perkataan al-Qira’ah iaitu dibaca dengan berhamzah adalah paling terkenal. Ini jelas berdasarkanpenggunaan al-Qur’ansendiri.

Firman Allah s.w.t.:

إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآَنَهُ (17) فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآَنَهُ (18)

Sesungguhnya Kamilah yang menghimpunkan al-Qur’an dan bacaannya, maka apabila Kami membacanyahendaklah engkau mengikut bacaannya.

Surah al-Qiyamah(75):17-18

Dari segi istilah, al-Qur’an bermaksud :

KALAM ALLAH, BERUPA MUKJIZAT YANG DITURUNKAN KEPADA JUNJUNGAN NABI MUHAMMAD S.A.W. MELALUI MALAIKAT JIBRIL A.S., DITULIS DI DALAM MUSHAF DISAMPAIKAN SECARA MUTAWATIR, DIMULAI DENGAN SURAH AL-FATIHAH, DISUDAHI DENGAN SURAH AL-NAS DAN MEMBACAANYA MERUPAKAN IBADAH.

Mu’jizat

Mu’jizat artinya suatu perkara yang luar biasa, yang tidak akan mampu manusia membuatnya karena hal itu di luar kesanggupannya. Mu’jizat itu dianugerahkan kepada para nabi dan rasul dengan maksud menguatkan kenabian dan kerasulannya, serta menjadi bukti bahwa agama yang dibawa oleh mereka benar-benar dari Allah ta’ala.

Beberapa aspek kemukjizatan al-Qur’an

Disampaikan secara mutawatir

Al-Qur’an ditulis dalam mushaf-mushaf dan disampaikan kepada kita secara mutawatir (diriwayatkan oleh banyak orang), sehingga terpelihara keasliannya. Berikut sekilas sejarah pemeliharaan Al-Qur’an sejak masa Nabi hingga pembukuannya seperti sekarang:

1.      Pada masa Nabi, Al-Qur’an dihafal dan ditulis di atas batu, kulit binatang, pelapah tamar dan apa sahaja yang boleh dipakai untuk ditulis. Kemudian setahun sekali Jibril melakukan tadarus, yakni dengan menyuruh Nabi memperdengarkan Al-Qur’an yang telah diterimanya. Menurut riwayat, di tahun beliau wafat, tadarus diadakan oleh Jibril dua kali.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Nabi Muhammad s.a.w. merupakan orang yang sangat pemurah dengan kebajikan, dan kemuncak kemurahannya ialah sepanjang bulan Ramadhan. Jibril a.s. menemuinya pada setiap malam bulan Ramadhan sehingga habis bulan itu dan Rasulullah membacakan Al-Qur’an kepadanya. Sesungguhnya Rasulullah adalah amat pemurah umpama angin yang bertiup kencang”. (al-Bukhari)

2.      Ketika Nabi wafat, Al-Qur’an telah dihafal oleh ribuan manusia dan telah ditulis semua ayat-ayatnya dengan susunan menurut tertib urut yang ditunjukkan oleh Nabi sendiri.

3.      Berdasarkan cadangan Saidina Umar bin Khattab, pada masa pemerintahan Abu Bakar diadakan pengumpulan Al-Qur’an. Hal ini dilatar belakangi oleh peristiwa gugurnya 70 orang penghafal Al-Qur’an dalam perang Yamamah. Maka ditugaskanlah Zaid bin Tsabit untuk melakukan tugas tersebut. Beliau kemudian mengumpulkan tulisan Al-Qur’an dari daun, pelapah kurma, batu, tanah keras, tulang unta atau kambing dan dari sahabat-sahabat yang menghafal Al-Qur’an.

4.      Dalam upaya pengumpulan Al-Qur’an ini, Zaid bin Tsabit melakukan kerja dengan sangat teliti. Sekalipun beliau sendiri menghafal Al-Qur’an seluruhnya, tetapi masih memandang perlu menyesuaikan hafalannya dengan hafalan atau catatan sahabat-sahabat yang lain dengan disaksikan dua orang saksi. Selanjutnya, Al-Qur’an ditulis oleh Zaid bin Tsabit dalam lembaran-lembaran yang diikatnya dengan benang, tersusun menurut urutan ayat-ayatnya sebagaimana yang telah ditetapkan Rasulullah saw.

5.      Pada masa Uthman terjadi ikhtilaf (perselisihan) tentang mushaf Al-Qur’an, yakni berkaitan dengan ejaan, qiraat dan tertib susunan surat-surat. Oleh karena itu atas usulan Huzaifah bin Yaman, Uthman segera membentuk panitia khusus yang dipimpin Zaid bin Tsabit beranggotakan Abdullah bin Zubair, Saad bin Ash dan Abdurrahman bin Harits bin Hisyam untuk melakukan penyeragaman dengan merujuk kepada lembaran-lembaran Al-Qur’an yang ditulis pada masa khalifah Abu Bakar yang disimpan oleh Hafsah, isteri Nabi saw.

 
6.      Al-Qur’an yang dibukukan oleh jawatankuasa ini kemudian dinamai “Al-Mushaf” dan dibuat lima buah. Satu buah disimpan di Madinah—dinamai “Mushaf Al-Imam”—dan sisanya dikirim ke Mekkah, Syiria, Basrah dan Kufah. Sementara itu lembaran-lembaran Al-Qur’an yang ditulis sebelum ini segera dimusnahkan bagi menyatukan kaum muslimin pada satu mushaf, satu bacaan, dan satu tertib susunan surat-surat.

Al-Muta’abbadu bitilawatih

Membaca Al-Qur’an itu bernilai ibadah. Banyak sekali hadits yang mengungkapkan bahwa membaca Al-Qur’an adalah merupakan bentuk ibadah kepada Allah yang memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah:
Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya Allah akan memberi pahala kepadamu karena bacaan itu untuk setiap hurufnya 10 kebajikan. Saya tidak mengatakan kepada kalian bahwa ‘Alif-Laam-Mim’ itu satu huruf, tetapi ‘alif’ satu huruf, ‘Laam’ satu huruf dan ‘Miim’ satu huruf” (HR. Hakim).

0 comments:

Post a Comment